INTEGRAL TENTU

Published by

on

MATA KULIAH KALKULUS-1

Dosen Pengampu : Widya Retno Prasinta, S.T,.M.T,.

Intergral yaitu Integral merupakan invers atau kebalikan dari diferensial. Dalam arti lain, integral adalah antiturunan dari proses hitung diferensial. Jika dalam diferensial kita terlebih dahulu mengetahui pernyataan kemudian mencari turunan, maka dalam integral kita mengetahui turunan terlebih dahulu untuk mencari pernyataan.

In calculus, an integral is the space under a graph of an equation (sometimes said as “the area under a curve”). An integral is the reverse of a derivative, and integral calculus is the opposite of differential calculus. A derivative is the steepness (or “slope”), as the rate of change, of a curve. The word “integral” can also be used as an adjective meaning “related to integers”.

Rumus Integral :

Integral tentu (definite integral) adalah integral yang memiliki batas-batas nilai tertentu, sehingga hasil akhirnya bisa ditentukan secara pasti. Batas-batas nilai itu merupakan nilai variabel dari fungsi yang telah diintegralkan. Dalam Matematika, integral tentu bisa dimanfaatkan untuk mencari luasan di bawah kurva, volume benda putar yang dibatasi oleh titik-titik tertentu, luas daerah yang dibatasi oleh kurva tertentu, dan masih banyak lainnya.

Definite integrals have an indefinite form as well that serves as a partial inverse to differentiation. Just as differentiation measures a function’s incremental changes, a definite integral attempts to “un-do” that. So integrals focus on aggregation rather than change. Adapun contoh penulisan integral tertentu adalah sebagai berikut.

Dengan:

a = batas bawah; dan

b = batas atas.

Dari bentuk di atas, tentu kamu tahu kan perbedaan mendasar antara integral tentu dan tak tentu? Yapp, benarr. Perbedaan mendasar antara kedua integral terletak pada ada tidaknya batas-batas variabel, ya. Sementara itu, untuk langkah pengerjaan integralnya sama.

Rumus Integral Tentu

ANALISIS AL-QUR’AN TENTANG INTEGRAL TENTU

Konsep Ketakterhinggaan:

Al-Qur’an menyebutkan beberapa ayat yang menunjukkan konsep ketakterhinggaan, seperti:

وَاٰتٰىكُمْ مِّنْ كُلِّ مَا سَاَلْتُمُوْهُۗ وَاِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ لَا تُحْصُوْهَاۗ اِنَّ الْاِنْسَانَ لَظَلُوْمٌ كَفَّارٌ

“Dan Dia telah memberikan kepadamu segala apa yang kamu mohonkan kepada-Nya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, manusia itu sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (QS. Ibrahim: 34)

This verse shows that the blessings of Allah SWT are infinite. This concept of infinity can be related to calculus, especially integrals, which are used to calculate area and volume.

Sumber:

( Kalkulus integral, Alfiani Athma Putri Rosyadi 15 April 2020 https://books.google.co.id/books?id=7ArtDwAAQBAJ&dq=info:wtS2Iz56-psJ:scholar.google.com/&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s )

Agus Wibowo. (2022). KALKULUS. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 8(1), 1-148. Retrieved from https://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/382

https://brilliant.org/wiki/definite-integrals/#:~:text=A%20definite%20integral%20is%20a,an%20item%20given%20its%20density ( tanggal akses 5/2/2024 )

https://simple.m.wikipedia.org/wiki/Integral ( tanggal akses 5/2/2024 )

https://m.rctiplus.com/news/detail/inewsid/4096250/10-contoh-soal-turunan-fungsi-aljabar—lengkap-dengan-pembahasannya (diakses pada tanggal 3 Febuari 2024) Artikel

Kalian bisa menemukan saya di :

Website Kampus : https://digitechuniversity.ac.id

Instagram :

Instagram Kampus : https://www.instagram.com/digitechuniversity.official?igsh=OGtoYmUzZnc3eWt0
Instagram Prodi : https://www.instagram.com/ti.digitech?igsh=b3A0dWxsaW9sM3Zu
Instagram Himpunan : https://www.instagram.com/himti.digitechuniversity?igsh=c3dhajdpejBpZWln
Instagram Pribadi : https://www.instagram.com/jang_he00?igsh=MWFrNWJudWExaTdseg==

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai